Home » » Facebook dan Twitter di Irian tak jadi "merdeka"

Facebook dan Twitter di Irian tak jadi "merdeka"

Written By Unknown on Kamis, 19 September 2013 | 01.32

Facebook dan Twitter di Irian tidak jadi merdeka - Siapa yang tidak mengenal dua primadona sosial media di seluruh dunia ini , dari berbagai kalangan , dari berbagai usia , dimanapun dan kapanpun selalu punya koneksi dengan dua sosial media yang menduduki peringkat teratas diantara beberapa sosial media yang lain.
Ia di mereka adalah facebook dan twitter . duo sosial media yang digandrungi semua orang ini menjadi primadona karena tampilan dan fitur fiturnya yang user friendly .

Namun tak banyak yang tahu bahwa dua sosial media ini tak "merdeka" di Negara Iran , ini disebabkan oleh protes keras warga Iran melalui jejaring sosial ini akibat kemenangan Ahmadinejad di pemilihan presiden kedua kalinya pada 2009, semenjak itu lah pemerintah Iran menutup jalur akses ke dua media sosial ini .

Mendengar bisa diaksesnya kembali situs jejaring sosial ini di Iran , pemerintah Iran melakukan investigasi ke beberapa pejabat yang menangani Internet di Iran . Menurut pejabat di negara tersebut dapat diaksesnya kembali situs jejaring sosial ini dikarenakan adanya kesalahan dari salah satu penyedia layanan internet di Iran .

Namun facebook dan twitter tak jadi merdeka di Iran karena pemerintah kembali menutup akses ke dua sosial media ini . Di beberapa surat kabar seperti Kompas menyebutkan , Agar tetap bisa mengakses situs web, warga Iran memakai perangkat lunak virtual private network (VPN) untuk mengindari firewall pemerintah.

Sekarang, Iran dipimpin oleh Presiden Hassan Rouhani yang diangkat pada Agustus lalu. Ulama yang dikenal moderat ini pernah berkata, sensor internet merupakan hal yang "sia-sia." Ia sudah memperlihatkan beberapa pendekatan yang lebih liberal untuk mengatur internet di Iran. 

sumber : Kompas.com



0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Label